Resume Soal Jaringan Komputer

Posted by alhambra on Feb 21, 2015 in Uncategorized |

jaringan-komputer

 

  1. Apa yang kamu ketahui tentang jarkom?
  • Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat bekerja bersama-sama dalam berbagai manfaat dan tujuan antara lain untuk berkomunikasi, akses informasi, menerima maupun memberikan layanan. Bagian yang menerima layanan disebut Client dan bagian yang memberikan layanan disebut Server. Sistem ini dikenal sebagai sistem client-server yang sudah digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
  • Jaringan Komputer merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dan akses informasi dari berbagai tempat.antar komputer yang satu dengan komputer yang lain.
  • Salah satu nodes sebagai media jasa atau server, yaitu yang mengatur fungsi tertentu dari nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri merupakan perpaduan anatara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi.
  • Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah ka, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

  1. Tujuan & harapan makul ini?
  • Saya mampu memahami konsep dan cara kerja jaringan komputer
  • Saya dapat memperdalam ilmu dalam membuat sebuah jaringan komputer
  • Mengetahui jenis-jenis jaringan komputer
  • Saya dapat membedakan jenis-jenis komputer berdasarkan jangkauan,fungsi,topologi dan media transmisi
  • Saya mampu memanfaatkan dan mempraktekan ilmu dalam hal jaringan komputer diluar jam kuliah
  • Saya dapat membangun dan sekaligus maintenance jaringan  komputer sehingga dapat diterapkan kedalam dunia kerja.
  • Saya mampu secara mandiri mengimplementasikan jaringan komputer

 

  1. Kenapa Jarkom penting?
  • Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien: Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, dan Harddsik.
  • Jaringan Komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date: Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  • Jaringan Komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  • Jaringan Komputer memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
  • Jaringan Komputer membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
  • Jaringan Komputer menghemat perangkat dan data agar dapat dishare sehingga membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer
  • Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan

 

  1. Contoh dan dampaknya?

A. Contoh Jaringan Komputer

  1. Internet

Internet bukanlah jaringan sama sekali, tapi koleksi besar jaringan yang berbeda yang menggunakan protokol umum tertentu dan memberikan layanan umum tertentu.

 

  1. ARPANET

ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi permulaan berdirinya Internet yang ada sekarang.

 

  1. NSFNET

NSFNET merupakan sebuah jaringan dari National Science Foundation yang dibentuk oleh Pemebrintah Amerika Serikat pada akhir tahun 1970 untuk bidang penelitian dan pendidikan. NSFNET juga pulalah yang dahulu pernah menggantikan ARPANET sebagai backbone Internet sebelum kemudian digantikan oleh pihak swasta komersial.

B. Dampak Jaringan Komputer

  • Dampak Positif
  1. Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama.
  2. Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan
  3. Menghemat uang, Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar
  4. Hardware sharing, Bagi pakai hardware secara bersama-sama.
  5. Keamanan dan pengaturan data, komputer dalam sebuah lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data kantor yang paling penting
  6. Ke-stabilan dan Peningkatan performa komputasi, Dalam kondisi tertentu.

 

  • Dampak Negatif
  1. Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi
  2. Manajemen Perangkat keras Dan Administrasi sistem
  3. Sharing file yang tidak diinginkan
  4. Aplikasi virus dan metode hacking

Reply

Copyright © 2024 All About Computer & Technology All rights reserved. Theme by Laptop Geek.